Jumat, 19 April 2013

Sangat Cepat

target akhir april pngen sidang skripsi
tetapi malah tanggal 10 april 2013 aku sidang
jujur itu terlalu cepat
faktornya adalah dosen penguji, pak beni, mau pra studi S3 ke taiwan, dan bakal berangkat tanggal 12 april

aku sih pengennya slow aj, gak keburu dan skripsi step by step bertahap
lagian klo penguji gak bisa, ternyata ada kebijakan penguji tersebut bisa diganti kok
tetapi semua rencana gak sesuai harapan

Kamis, tanggal 4.. aku di cap dosen pembimbing untuk segera sidang
jujur, aku kaget
pengen nangis
antara terharu bisa sidang
dan sedih krn aku blm siap

bayangkan aja, draf proposal skripsi blm aku ubah menjadi BAB 1, BAB2 , dst
Lampiran blm aku buat, masih berupa bahan mentah
istilahnya aku masih NOL

Jum'at, tanggal 5
aku ngefix kan jadwal ujian
dan aku berharap aku bisa ujian jum'at minggu dpn
tp ternyata, pak beni bisanya rabu
Bu winarsih, penguji 1, juga bisanya rabu
dan akhirnya fix.. aku ujian rabu tanggal 10 april 2013 pukul 11.30 WIB

akhirnya aku ngebut buat BAB 1, BAB 2, BAB 3, BAB 4, BAB 5, juga lampiran
dan harusnya draf skripsi aku kasihkan itu hari senin
tp hari senin aku blm slesai, lampiran belum aku sentuh

akhirnya aku sms penguji, bilang kalo draf skripsi ku aku kasihkan habis isya' ke rumah mereka
tp ternyata  jam 8 baru selese, dan itu blm aku gandakan
aku sms pak beni, untuk ngasihkan drafnya jam 9 malam
karena aku masih fotokopi draf itu  (akhirnya aku juga fotokopi halaman yg berwarna, meski aku tau fotokopi berwarna itu 2500 perlembar)
eh, jam 9 , aku dpt sms dr pak beni.. beliau bilang "OK"
yg artinya aku jadi ke kost beliau untuk mengasihkan draf skripsi
tapi, ada seseorang yang mengatakan "nanti drafnya saya bawa skalian ya, jadi kamu gak usah ke kost saya"
kemudian aku noleh ke sumber suara, dan ternyata disamping ku ada pak beni
olaaaaalaaaaa..
jujur malu banget
melihat aku ternyata masih fotokopi
hmm

~flash back~
 fotokopian itu merupakan foto kopi langganan para dosen, karena hasilnya bagus
jadi gak heran klo dosen sering kesana, nama fotokopiannya DIRGANTARA

yup, pak beni waktu itu lagi nganterin istrinya fotokopi di dirgantara
trus istrinya comment ke aku, "wah, klo di UM (universitas negeri malang), klo nyerahkan draf skripsi sehari sebelum hari H ya ditolak, minimal itu seminggu"
trus aku jawab," iya bu, saya dadakan, karena pak beni mau ke taiwan", sambil senyam-senyum penuh alasan

krn yg aku fotokopi belum selesai akhirnya, dan istrinya pak beni sudah selesai fotokopi
pak beni bilang "Reva, saya mau ke print-printan "jasmine", nanti kamu ksana saja ya kasihkan draf kamu"
aku bilang "iya, pak"
akhirnya 10 menit kemudian drafku selesai, dan aku malas mengecek kembali
trus aku di kasih bon harga, WOW, mengejutkan, aku fotokopi skripsi menggandakan 2 kali habis Rp. 239.800,00
ternyata yg mahal itu fotokopi berwarnanya :(
bayangkan 1 lembar aja 2500
halaman yg berwarna pengen aku print tp pasti lama
makanya aku nentukan fotokopi

setelah itu aku cari pak beni ke print-printan "jasmine"
meski nyasar, akhirnya ketemu juga
setelah itu aku langsung ke rumah bu winarsih
setelah sampai sana, lampu rumah pada mati semua
dan ketika aku lihat jam, ternyata jam setengah 10

akhirnya aku gak berani pencet bel, takut bu win sudah tidur
makanya aku paginya jam setengah 6 kerumah bu win
dan menyerahkan draf

selasa, 9 april 2013
aku masih disibukkan dgn urusan skripsi
krn blm ada surat pengantar ketua prodi
dan aku ngurusin itu, untuk membuat undangan para penguji

setelah beres, aku ajak dyah cari konsumsi dosen, dan nyampe kost jam 8an

aku langsung mandi dan sholat
setelah itu aku buat PPT (power point text) untuk presentasiku besok
itu pun gak maksimal
huhuhu
aku juga blm smpet belajar

Rabu, 10 April 2013
pagi-pagi aku selesaikan PPT ku
belajar tentang materiku juga
setelah itu setrika hem putih, dan kerudung putih,
mandi, dan siap2 ke perpustakan untuk pinjam buku yg sesuai dgn dftar pustaka
jam stengah 10, aku sudah smpai tempat sidangku dgn membawa smua keperluan sidang, di Laboratorium Pembelajaran Sains

kebetulan, jam 10, si een lagi ujian proposal disitu
akhirnya aku liat een ujian proposal dulu

jam 11 kurang, ujiannya sudah selesai
dan aku udah mulai galau
deg-degan
bayangkan aja, aku nangis sebelum ujian
aku telp umi dan abi aja smpe nangis
knpa aku nangis? krn aku takut
takut gak bisa nglakukan hal yang terbaik
takut salah
tkut nilaiku jelek
tp banyak tmen2 yg support aku
mereka membantu aku
smpe' jam 11.30 tiba

bu sri (dosen pembimbing) dan pak beni sudah datang dr tadi, skitar 15menit sebelum jadwal sidangku
bu winarsih, belum datang
aku sudah telp, dan katanya disuruh tunggu
karena bu sri ada simulasi, jam setengah 1 siang
dan nunggu bu win lama juga
akhirnya 11.40 bu sri memutuskan menyuruh mulai duluan saja
smpai aku membacakan judul
eh, akhirnya bu winarsih (seterusnya aku panggil bu win saja) datang
terus mulailah presentasiku

setelah selesai, bu win meminta pak beni duluan yg memberi komentar
dan pak beni berkomentar ttg draf ku banyak penulisan yang salah
halaman yg meletakkan yg tidak urut (mungkin yg di fotokopian gak beres nata ulangnya)
bertanya tentang metode penelitianku, dan harapan apa yang bakal aku lakukan stelah skripsi ini

setelah itu bu win berkomentar
lagi2 masalah penulisan
halaman yang acak adut
lampiran yg salah mengeset
kemudian bertanya tentang pembuatan pupuk dan hasil belajarpsikomotor

kemudian bu sri memintaku keluar ruangan
yups, mereka berdiskusi ttg nilaiku dan apakah skripsiku diterima atau tidak
di luar ruangan, aku nangis
meski aku bisa menjawab semua jawaban, dan berusaha mempertahankan penelitianku
tp jujur aja, aku bener2 diteror selama sidang karena teknik penulisanku
dan aku akui itu bener2 fatal, istilahnya "human eror"
mana pas sidang bu win bilang gini "maaf, maaf terus, nilaimu juga maaf ya"
karena aku selalu bilang maaf karena penulisanku yangs salah
:(

untung bu sri membelaku
bu sri bilang, klo aku mungkin kurang teliti krn dikejar waktu

pas mereka selesai berdiskusi, bu sri memanggilku, dan menyuruhku masuk kembali ke ruangan
bu sri bilang "skripsimu diterima, dengan buaaaanyaaaak revisi"
begitu katanya
Alhamdulillah
tp tetep aja nggalauin nilai
buktinya aja, aku sempet liat nilai dr pak beni, aku dpt 78, atau B+ :(
klo bu win aku gak tau
dan berharap bu sri memberikan nilai yang membantuku dpt bagus

setelah selesai, aku saliman (cium tangan) ke semua penguji
ke pak beni juga, padahal biasanya aku gak mau saliman ke dosen cowok, hhehheeh
kemudian ngasih konsumsi ke smua dosen, bu sri memintaku membawakan konsumsinya ke meja beliau, kemudian aku menuju ke mejanya
setelah balik dr meja bu sri, temen2 sudah ada di ruangan
dan menanyakan keadaanku
Alhamdulillah, temen2ku pengertian semua
mereka menghiburku

trus, bu win memintaku menaruh konsumsi ke rumahnya, bareng si zaki
zaki ini anak bimbingannya bu win, zaki disuruh bu win mengantarkan speda motor bu win ke rumahnya, krn bu win ke kampus unesa di lidah wetan pkai mobil.
akhirnya aku bareng zaki ke rumah bu win
stelah sampai kampus lagi, ternyata hujan
zaki pamit, katanya dia masih ada urusan di kampus
aku berteduh di dkt parkiran mobil, sambil telpn ortu
curhat tentang pa yg aku rasain dan alami selama sidang skripsi

hmm,,
sudah selesai
sidangku sudah selesai
aku khawatir ma nilai skripsiku
habis, tmen2 pd dpt nilai A smua sich :(
aku sich berharap minimal aku dpt A-
krn diteror ma dosen.. hmm

dan Alhamdulillah, sekarang nilaiku sudah keluar
skripsi ku dpt A-
ok, gpp.. aku sudah berusaha
dan inilah hasilku
meski aku tau, aku bisa dpt A
ya, aku mungkin blm beruntung :)
tp aku tau ini yg terbaik
oia, IPK ku juga cantik lho :)

revisi skripsi juga sudah
krn sudah dpt tanda tangan 3 penguji
skrang tinggal menggandakan dan menghard cover aja
membuat sof cover proposal
bis gitu bimbingan artikel
ngurus surat yudisium
yudisium
dan wisudaaaaaaa

yudisiumku tanggal 29-30 mei
wisuda tanggal 29 juni

jujur ini terlalu cepat
rasanya baru kemarin aku masuk kuliah, dan jadi MaBa
dan gak terasa hampir 4 tahun aku kuliah
dan menghabiskan waktu bersama tmen2 Pendidikan Sains
aku yakin, masa itu bakal aku kangenin
memori kehidupan yg aku buat dgn mereka
bener2 berkesan
senang, sedih, marah, kecewa, smua ada

Hei, Kawan.. kita sebentar lagi Lulus lho :')
i will miss u forever

2 komentar:

Opan mengatakan...

Mau tanya, lokasi Yudisium nya unesa tu beda2 ya tiap fakultas? Ato jadi satu?
Tempatnya dimana ya?.. Q pengen lihat saudara yudisium

Reva Iasha mengatakan...

tiap fakultas beda-beda
tempatnya biasanya di auditorium atau ruang sidang masing-masing fakultas

klo yudisium biasanya tanpa undangan
cuma calon yudisiawan dan para dosen saja yg hadir

Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com