Kamis, 13 Juni 2013

Kawat Gigi

1,7 tahun, aku pake' kawat gigi atau lebih dikenal orang-orang dengan behel
alasan penggunaan alat kedokteran gigi ini
pertama karena desakan ortu
kedua karena ingin gigi terlihat rapi untuk menghindari lubang gigi lagi (karena pernah 1 kali ngerasain gigi berlubang dan hasilnya malah parah)
ketiga karena mundurin rahang

dalam islam, merubah ciptaannya itu hukumnya haram
tetapi jika menyangkut kesehatan itu malah dibolehkan
kalo niat pasang kawat gigi untuk mempercantik diri, dengan alasan untuk membuat gigi rapi itu gak diperbolehkan
kalo ada gigi yang dah rapi, tp pakai behel dengan alasan mengikuti tren, juga gak diperbolehkan
nah yang paling banyak dilakukan masyarakat adalah mengikir gigi dan memutihkan gigi, nah itu jelas banget haram
nah, karena niat ku pasang kawat gigi bukan seperti itu, insya Allah diperbolehkan, apalagi ortu udah ngrido'i, hehe

hasil selama 1,7 tahun ya lumayan banyak perubahan
apalagi gigi geraham bawah sebelah kanan
soalnya aku dulu mencabut gigi geraham sebelah kanan yang gak boleh dicabut
dulu alasan dicabut ya krn berlubang dan sakit, karena dah nyerang saraf
sempat di tambal juga tapi malah timbul semacam kista, benjolan di gusi gitu (aku lupa istilah kedokterannya)
sampai rahang bengkak, jadinya ya aku putuskan untuk cabut gigi di puskesmas 2 tahun yang lalu

ketika ingin pasang behel
si dokter yang nangani aku, (sebut saja dokter Y) malah ngomel-ngomel karena aku mencabut gigi yang salah
jadinya penanganan gigiku lumayan lama
terutama geraham bawah kanan
selama 1,6 tahun aku pakai behel cuma di gigi bawah saja untuk benerin geraham bawah dan mundurin rahang bawah (kasusku tergolong rumit, karena mundurin geraham itu sulit banget apa lagi yang bawah)
nah, baru bulan mei kemarin, behel di gigi atas di pasang

tiap bulan selalu kontol
istilahnya  janji kencan sama dokter Y, hehe :P
biasanya klo kontrol itu dicek perubahan posisi gigi, memasang briket yang lepas, dan penggantian power O dan power chain, serta pemasangan pegas
setiap selesai kontrol selalu merasa nyilu
terutama tiga hari setelah kontrol
karena gigi lagi bergerak, meski bergerak pelan

makan jadi susah
apalagi menggigit dan merobek
aku udah gak bisa menggigit dan merobek seperti dulu
karena posisi gigi seriku sudah berubah, apalagi yang bawah, mereka mundur beberapa milimeter, sehingga tumpuan untuk menggigit sudah gak ada
dan biasanya makanan selalu aku potong dulu
 
sejauh ini, gigi yang dicabut masih satu
nantinya klo dah rata dan rapi semua bakal di cabut 2 gigi lagi, 1 geraham depan di atas dan 1 geraham depan bawah bagian kiri
ngeri sich.. tapi aku gak takut :D
yang aku heranin, kalo pakai kawat gigi dengan karet (power O) yang warna soft (gak ngejreng) itu gak kliatan kalo difoto, hahaha

sebenarnya agak miris klo ada yang bilang pakai behel cuma buat gaya-gayaan aja
karena yang ada malah sakit
gak bisa makan dengan lahap
sering sariawan juga

ya, begitulah >.<
kata dokter Y, diperkirakan aku lepas kawat gigi itu 2 tahun lagi
masih lama ya, huhu :(

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kok ada gituan nya,,
Tiap bulan selalu Kontol 😂😅

Unknown mengatakan...

Kok ada gituan nya,,
Tiap bulan selalu Kontol 😂😅

Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com