Sabtu, 29 Juni 2013

Jogja Lagi

I wanna sharing story about my holiday with family at 2013 of 25-28 June
Postingan ini berjudul "jogja lagi"
Ya, karena itu merupakan kunjungan yang entah sudah berapa kali ke Propinsi DIY Yogyakarta
Seingatku mungkin sudah 4 kali, kurang-lebihnya harap maklum adanya (begaya pidato,red)
Ya, soalnya semua perjalananku kesana pas aku masih bocah, bocah ingusan!!! >.<

Cerita berawal dari sebuah ingatan
Menurut ingatan, perkiraan aku pertama kali ke jogja sekitar 18 tahun yang lalu
Dalam rangka acara tour kelas tiga SMPN 1 Kamal
Kebetulan abi jadi guru disana
Selain kunjungan dengan murid, keluarga dari guru juga diajak, contohnya keluargaku
(masih belum ada si adik :D)
Yup, waktu itu masih bocah imut, lugu, berani, jagoan, sok tahu dan serba ingin tahu
Dan itu terbukti dengan adanya foto-foto jadul jaman dulu
Di PaRis *Parangtritis*, itu topi pinjem dari penjual toko yang dibelakang :D
Main ombak, Sensor *soalnya cuma pake CD aja :D
Selalu pengen dekat ombak sampai akhirnyaaaaaaaa..........
Aku terseret ombak hampir ke tengah, untung Abi sempet ngejar dan nolongin aku. klo gak mungkin kalian gak pernah kenal Reva sampe' sekarang (foto diambil setelah dievakuasi ma Abi)
Di Kraton Yogyakarta, aku lagi minum yakult
Di Parkiran *lupa parkiran ini dimana*, lagi ditebak-tebaki ma muridnya Abi tentang angka (padahal umur segitu aku dah fasih sebutin angka dari Bahasa Indonesia, English dan Madura)
Di Borobudur, Gaya foto ini diarahkan oleh Bu Angki (yang ngajar PPKn)


Pas di Borobudur, aku selalu hilang...
(maklum masih kecil jadi suka ingin tahu, hehehe)
Setiap tingkatan lantai aku kelilingi, berharap bisa melihat semua relief yang terukir
Terus aku naik ke lantai atas nya begitu seterusnya sampe' puncak
Si Abi dan Umi sudah pusing dan nyari aku mulu, hahaha

Begitulah kunjungan pertama ke jogja
Aku lupa... soalnya yang aku ingat cuma borobudur, Paris, dan kraton aja

Kunjungan kedua, yang ku ingat cuma menunggangi kuda berdua sama si Anita (anak pak ponco *wakil kepala sekolah SMPN 1 Kamal saat itu*) di Paris
Kali itu tetep bareng SMPN 1 Kamal
Liburan buat anak kelas 3
Dan saat itu pokoknya aku masih SD (tepatnya aku gak gitu ingat, lagian gak ada dokumentasi)

Sempet juga ada ingatan klo aku sempet ke monumen jogja kembali
Soalnya aku ingat tentang banyak patung dan memasuki museum gitu
Selain itu mandi di kamar mandi umum, sengan antrian yang cukup lama juga dan ketika giliran aku mandi, ternyata airnya habis
Makan di angkringan dan belanja di malioboro juga
Hmm, apa lagi ya?? lupa..
Tapi entah itu kunjungan yg pertama atau kedua

Kunjungan ketiga, aku mencoba naik trans jogja dan bus biaasa ke Paris dan Masjid Gedhe Kauman di sekitar kraton aja

Kunjungan ke empat
Kali ini dengan keluarga besar SMAN 4 Bangkalan
Gak gitu kenal sich sama mereka, ya ada sich yang kenal,
Misalnya Bu Ninik (kepala sekolah, sebelum jadi kepala sekolah beliau dulu jadi guru geografi di SMAN 1 bangkalan, sempet ngajar aku, nilai geografiku tinggi pokoknya :D)
Bu Ros (Guru Fisika di SMAN 1 Bangkalan juga, ngajar aku pas kelas 3)
Pak Ilham (Kenalannya Abi, dulu pas S2, mereka sekelas)
Dan yang baru ini aku tau adalah, Si Wahyu, kakak kelas pas SMP, yang dulu sempat pernah mengisi hari-hariku *ealaaaahhhhh,,,,,,,,* (aku baru tau, pas baca biodata di facebook, tapi kok aku jarang liat dia ya, masalahnya klo ada seminar di SMAN 4 Bangkalan yang aku ikuti, tapi gak pernah ketemu dia)
Ada banyak sich, cuma aku gak tau namanya, jadi kalo ketemu mereka cuma senyum aja,
Maklum Abi disana sebagai komite sekolah
Jadi aku jarang tau guru dan karyawan disana
Sebenarnya aku sering ke SMAN 4 Bangkalan, terutama jika ada rapat yang melibatkan komite
Dan aku selalu ada dilobi sekolah
Dulu SMAN 4 Bangkalan itu awal mula dibangun dan berkembang diawali dari 5 orang, salah satunya si Abi
Abi disana sempet ngajar fisika, tapi udah gak lagi sejak abi jadi kepala sekolah SMPN 3 Kokop
So, kelima orang itu sekarang ada yang jadi guru tetap dan sisanya jadi komite sekolah

Sempet kaget pas hari sabtu, 22 Juni 2013
Abi bilang bakalan holiday ke Jogja sekeluarga
Aku sich oke-oke aja
Tapi setelah bareng SMAN 4 Bangkalan ya agak shock
Masalahnya aku gak kenal guru disana, ya ada sich yang kenal, paling cuma beberapa aja
Khan jadi sungkan

Acara ke jogja tanggal 25-28 Juni 2013
Shock lagi, masalahnya aku tu tanggal 26 juni nya harus ambil toga, gordon, buku wisuda, dan tanda tangan ijazah
Tapi akhirnya urusan tentang wisuda aku selesaikan selasa pagi harinya
Jadi siangnya sudah ada dirumah lagi
Sorenya, aku packing dan berangkat jam 6 habis mangrib
Naik angkot terus turun di depan Masjid Agung Bangkalan alias di Alun-alun*tempat kumpul*


Setelah itu masuk bus, kebetulan sekeluarga ada di bus 3
Masih nunggu lama karena ada 1 bus yang belum datang
Setelah lengkap, baru kita berangkat
Aku dan si adik duduk ditengah
Sedangkan umi dan abi duduk di bagian depan
Memang agak jauh, kemungkinan selisih 5 bangku
Gak tahu kenapa kok dipisah gitu

Di jombang, bus 1 mogok
Bus 3 pun sempet berhenti juga, buat bantuin bus 1
Agak lama juga benerin bus 1
Pokoknya bosen selama perjalanan
Mana HP juga lagi krisi baterai low semua
Yang di dukung sama si sopirnya lelet banget nyetirnya
Jadi lama banget berada dijalan
Jam 3, bus 2 dan bus 3 berhenti di ngawi
Disana aku sempat ketemu Pak Bandi, suaminya Bu Ros
Pak bandi itu guru olahraga di SMAN 1 Bangkalan
Dulu ngajar aku, pas aku kelas X

Menjelang subuh, kita berhenti
Bus 3 Subuhan di ngawi
Kok lama ya
Masak jam setengah 5 masih di Ngawi
Setau aku, bangkalan-jogjakarta itu cuma 9 jam
Mana gak bisa tidur karena AC *ACnya gak bisa dimatikan dan dialihkan*
Tempat duduk pun jaraknya berdekatan, gak bisa leluasa
Dan tempat duduk gak bisa dibuat posisi buat tidur
Gak enak untuk perjalanan jauh seperti itu

Sudah masuk jogja itu sekitar jam 8an,
Eh ternyata bus 2 ambil start duluan
Alias gak bareng, mereka katanya lagi makan di restaurant
Padahal katanya bakal ke PaRis (pantai parangtritis) dulu
Jadi yang ke paris bus 1 dan bus 3 aja
Nyampe Paris pun jam 10an
Abis gitu langsung mandi *di Paris banyak banget kamar mandi umum*
Setelah mandi, ganti baju dan dandan, kita menuju pantainya
Sebelumnya sempet foto-foto dimonumen nya




Habis gitu menuju pantainya
Kondisi pantai saat itu lumayan ramai
Maklum lagi musim liburan
Padahal terakhir kesana itu sepi
Dan gak ada tempat teduh yang disediakan seperti tikar dan payung

Karena aku sudah mandi, jadi eman kalo main air laut
Jadi stay cool aja di pesisir pantai
Sambil mata menuju ombak pantai selatan yang menari indah
Sangat besar dan deras
Pasirnya pun sama, pasir yang aku injak itu panas, mungkin karena pengaruh waktu yaitu saat ini jam 11 siang
Maklum pasir di pantai paris ini tergolong pasir hitam
Hitam adalah warna yg menyerap panas
Untung pakai sandal
Coba kalo gak pakai sandal, mungkin kaki sudah jadi barbeque

Selagi melihat ombak dan orang-orang yg ceria dengan main air disana
Ingatanku kembali,
Ya.. ingatan waktu aku terseret ombak
Waktu itu aku benar-benar senang kalo dekat dengan ombak
Semakin ombak tertarik ke tengah, semakin aku berlari mendekati
Sampai akhirnya aku terguling kemudian terseret ombak menuju ketengah
Masih ingat, waktu itu pasir dan air laut yang gulung-gulung tercampur memenuhi penglihatanku
Aku sadar bahwa saat itu aku terguling-guling
tapi aku gak bisa melakukan apa-apa
Yang aku rasakan cuma hempasan ombak yang mengikatku
Tiba-tiba ada tangan yang menggapai kakiku
Ya benar, itu Abi
Abi menolongku, Alhamdulillah

Kali itu aku gak mau main dengan ombak
Bukan trauma, tapi eman pakaianku
Lagian aku dah mandi, dah cantik juga, hahaha :D
Akhirnya aku memutuskan untuk naik delman
Delman yang berisikan 3 orang *sudah dengan kusirnya*
Akhirnya Umi dan Abi juga pengen naik delman
Jadi aku dan si adik, Umi dan Abi *agak risih ngeliat Umi dan Abi, kya orang lagi kencan!!! kemana-mana mesti berdua, BT*
Kita cuma nyewa 1 putaran mungkin sekitar 15 menitan menyisir pantai parangtritis
Dengan cuma meronggoh 20ribu perputaran
Sempet ditawarin juga menuju 4 kawasan paris, cuma kemahalan
Masak sampe' 100 ribu






Setelah naik delman, ortu menyarankan aku untuk nyewa motor APV
Aku menolak, bukan karena gak bisa menyetir *klo nyetir motor APV sich lumayan jago, pernah balapan di Areanya dan aku juara 1, hoho*
Cuma waktu sewanya terlalu lama. 30 menit
30 menit itu lama lho, bisa 2 kali pulang pergi alias ujung ketemu ujung Paris
Jadi aku cuma foto-foto aja







Habis puas foto dan liat ombak yang katanya bisa setingga 3 meter *sudah 4 hari air laut sedang pasang*
Akhirnya kita sekeluarga cari makan
Maklum dari pagi belum makan nasi
Kita akhirnya memilih makan ikan kakap bakar dan supermie campur telur dengan es degan murni
Dan tak lupa juga foto-foto :D


Setelah selesai makan
Akhirnya kita menuju rumah makan *tau gitu kita sekeluarga gak beli makanan di paris*
Sekitar jam 3an kita sampai restaurant
Kalo gak salah namanya rumah makan baledono
Jadi siang itu kita makan 2 kali, anggap aja camilan
Pas makan, aku baru ingat kalo tissue ku ketinggalan di rumah makan di paris, haduuuh

Setelah makan, aku sholat
Habis gitu menuju ATM BNI (termasuk ATM bersama), untung di rumah makan itu ada ATMnya
Agak shock juga ternyata duit di ATM tinggal 23ribu
Soalnya aku ada masalah ma ATM BTN, BTN menyedot tabunganku waktu selasa tanggal 25 juni
Inginnya waktu itu tarik tunai, tapi uangnya gak keluar-keluar, malah saldo kepotong
Aku sudah protes ke pihak BTN, dan katanya mereka bakal membalikan uangku dalam 1 x 24 jam
Tapi setelah seharian, uangnya belum balik

Sambil menunggu bus 1 datang di rumah makan tersebut, aku stress mikirin duit
Ketika bus 1 datang, berharap ada cowok cakep disana untuk menghilangkan ke stressan ku
Eh, ternyata gak ada
Kebanyak bapak-bapak beristri dan punya anak
Ada sich, tapi kya nya brondong, yang umurnya skitar 4 tahum :D

Denger-denger juga, bus 2 gak bakal ke rumah makan baledono
Entah lah kenapa
Si kepala SMAN 4 Bangkalan sudah mulai protes dan menyalahkan panitia, mana Bus 1 yang ditumpangi kepala sekolah mogok lagi pas perjalanan ke rumah makan Baledono
Seakan-akan kita berlibur masing-masing sesuai dengan bus
Lha, masak Bus 2 sudah makan duluan, sudah ke borobudur, dan ke satu tempat, entah apa namanya
Sedangkan kita cuma ke paris aja
Akhirnya si kepala sekolah meminta kita ke malioboro
Oke kita kesana, dan sampai di Alun-Alun utara kraton skitar jam 5 sore

Pikiranku sudah mulai gak enak
Malioboro khan jauh dari Alun-Alun utara
Masak kita jalan kaki kesana
Dan ternyata benar
Kalo ke malioboro mesti jalan, huh

Sebelum ke malioboro
Kita berempat naik becak mengelilingi stan/toko di daerah kraton
Dan sempat membeli baju buat si adik
Umi menawarkan ku untuk beli baju juga
Tapi aku gak tertarik dengan baju, aku lebih tertarik gamis, tapi sayang gamis di jogja gak bagus *menurutku*
Setelah puas,si becak mengantarkan kita ke ujung jalan malioboro
Kita akhirnya foto-foto
Dan membeli martabak, onde-onde, lumpia, kacang rebus
Dan memakannya di sekitar benteng Vandenberg



Jam 7, kita kembali menuju Alun-Alun utara kraton
Karena penumpang bus 3 belum lengkap
Aku dan adik menuju pohon bringin kembar di tengah alun-alun yang katanya mistis itu
Akhirnya sempet foto-foto juga setelah beli ice cream
Fotonya banyak sich
Pohon bringin itu kalo difoto selalu gak keliatan, padahal fotonya deket lho
Dan selalu ada gelembung-gelembung seperti foto dibawah ini
ketika gelembung itu diperbesar, selalu nampak wajah hewan
Dari monyet, singa, harimau, bahkan perempuan
Ekstrem pokoknya
ini foto yang paling banyak gelembungnya
Terus setelah foto dekat pohon bringin kembarKita menuju bus untuk ke hotel
Bukan hotel lebih tepatnya villa yang banyak ruangnya
Nyampe disana sekitar jam setengah 10
Turun dari bus, kok aku merasa dingin, apa karena efek AC atau apa ya?? *batinku*
Memangnya kita dimana??? *gitu pikirku*
Kita sekeluarga dapat ruang melon nomer 4, yang berada dibawah, maklum Abi dapat kamar duluan
Setelah itu bus 1 dan bus 2 datang, dan mencari kamar

Setelah mandi, kami sekeluarga makan malam yang disediakan oleh pihak villa
Prasmanan!!!
Karena capek, aku langsung tidur

Pagi sekitar jam 4, aku sudah bangun
Antri kamar mandi buat wudhu
Kemudian sholat subuh
Rasanya kok dingin sekali, makanya aku melihat Google Maps
Dan ternyata kita berada di kaki gunung merapi, nama daerahnya kaliurang, makanya dingin
Karena ke dinginan, aku keluar untuk jogging
Berharap badan ini gak kedingin
Dengan pakai baby doll dan jaket + kerudung aku keluar kamar
Eh, ternyata abi juga ikut
Wah, abi ini mesti, padahal aku ingin sendirian buat jogging, mengganggu acara kesendirianku menikmati jogging *begitu pikirku*

Aku jogging sekitar 1 km dari villa, menuju ke atas, seperti bukit
Setelah itu aku balik, dan membeli air mineral
Sekalian bertanya ke ibu-ibu pemilik warung
"bu, gunung merapinya mana sich?"
"itu, diatas"
"kok gak kliatan"
"oh, mungkin tertutup awan"
sambil liat atas, dan memang gak kliatan gunung merapi sama sekali

Setelah itu, aku masuk kamar untuk mandi dan persiapan makan
Setelah makan
Aku ketemu dengan bu Ros
aku salaman dengan beliau
sempat cipika-cipiki juga
hahahaha :D
trus ditanyain
"kamu anaknya siapa?"
"anaknya ini,bu" sambil nunjuk ke arah abi
"Oalahh, anaknya pas zainal tho, hahahaha"
setelah temu kangen dengan bu Ros
aku kembali ke kamar untuk packing check out
sebelum naik bus, sempet foto-foto



Rombongan menuju Tlogo Putri, di kaliurang
Sampai disana, kita sekeluarga menyewa Jeep untuk menuju daerah yang terkena erupsi gunung merapi di daerah kaliadem
















Ada 3 tempat pemberhentian, stan yang paling dekat adalah berjarak 4 kilometer dari puncak merapi
Selama perjalanan, jujur aku begitu takjup dengan merapi
Tidak ada hal mistis yang aku rasakan
Yang aku rasakan cuma Subhanallah
Indah sekali gunung ini
Meski banyak rumah yang habis dilahap lahar panas dan awan panas

Lahar panas itu mengendap menjadi batuan
Debu yang berterbangan
Pohon dan rerumputan yang mulai tumbuh
Indah dan ngeri juga
Erupsi merapi tahun 2010 itu benar-benar hebat
Berdampak sampai sekarang
Bahkan pasir yang berada didalam itu masih panas
Terlihat dari penambang yang mengambil pasir menggunakan elavator, asapnya kemana-mana

Setelah itu, kita pulang
Menyebrangi tempat yang jalannya ekstrem
Jeep kita sempat menyalip jeep orang bule
Jeep orang bule itu naik turun jalan yang bukan jalan *mereka sengaja melewati bebatuan dan tanah yang gak lazim dilewatii*
Akhirnya aku teriak ke mereka "slow, pak, slow!!!"
Umi juga teriak "ayoooo!!!"
eh, si bule itu jawab "ayoooo" juga
Hahaha
Konyol

Kita berada di jalan yang sepi
Aku takut, pak sopirnya kok lewat tempat sepi?? jangan-jangan dia mau membuang kita ke jurang *begitu pikirku*
Melewati bekas sungai juga
Yang masih ada airnya dan ternyata jeep kita melewati genangan air itu
Dan dengan kecepatan yang tidak biasa alias cepat banget dari sebelumnya
Akhirnya *blusssshhhhhhhhh*
Baju ku kecipratan air, bukan baju saja, muka ku dan tas juga
Karena posisi ku didepan dekat supir dan jeepnya terbuka
Pak supirnya ini sengaja mengerjai kita :3
huuh
Sampai ditanjakan, jeep kita mogok
Kata sopirnya ada bagian yang kemasukan air
Dinyalain juga gak idup juga
Untung ada jeep yang datang dan menolong kami
Akhirnya jeep kita didorong seperti gambar dibawah ini



Akhirnya sampai juga di tlogo putri
dan foto geje kya gini

Setelah itu, menuju kraton Yogyakarta
Setelah masuk, ingatan pas kecil langsung muncul
Aku ingat beberapa bagian, terutama gamelannya
Ada Guide yang memandu rombongan kami,
Pas Guide menerangkan, waktu itu aku menjatuhkan kupon, dan kupon itu jatuh tepat di bawah kakinya Wahyu
Untung wahyu gak sadar, aku berusaha cepat ngambil
eh, ternyata malah ditolong sama si Toni, dia akhirnya senyum ke aku
aku senyum sekilas, terus langsung berpaling
MALU..
Sempet Foto juga





Setelah itu, kita meninggalkan si Guide
Si Guide sedikit marah karena rombongan banyak yang menyebar entah kemana
Termasuk aku, adik, Umi, dan Abi
Habis, kita bukan anak TK, hahaha
Akhirnya kita keliling sendiri meninggalkan Guide
Umi sempat menyuruh kita keluar untuk sholat
Tapi jujur aku belum puas melihat kraton, ada bagian yang belum ada liat
Dengan terpaksa aku keluar

Setelah itu kita menuju tempat pembelian oleh-oleh jogja
Cuma sekitar sejam kita kesana
Membeli makanan khas jogja
Habis itu kita menuju rumah makan
Umi dan Abi yang duduk depan langsung turun ketika sampai sana
Aku yang duduk ditengah sempat bingung, Umi dan Abi kemana???? kok hilang *begitu pikirku*
Aku tolah toleh kok gak keliatan sama sekali
Konsentrasi mencari Umi dan Abi pecah ketika ada tiga orang yang senyum ke arah aku
Ya mereka Wahyu, Toni, dan si perempuan
Langsung aku bilang ke mereka "ngapain senyam-senyum??"
Aku langsung memalingkan wajah mencari adik yang ternyata masih dibelakang
"Abinya kesana" kata wahyu sambil menunjukkan arah
"Ayo dit kita kesana" perintahku
"Ngapain??" Adik tanya
"Abi disana"
"Abi itu kesana mbak" Ucap Adik sambil menunjukkan arah yang berbeda
Nah, ketiga orang yang semula senyum-senyum itu akhirnya ketawa dan bilang bareng "Lho.. Lho, Abinya kesana" sambil nunjuk arah yang sama dengan adik
"Jahat" begitu balasku sambil pergi meninggalkan mereka
Si Toni langsung jawab "Iya, Mas Wahyu nya memang jahat"
Jujur aja aku salah tingkah..
Adik ku langsung bilang "Cieee.. Cieeee.."
Haduhhh, apaan sich orang-orang ini >.<
Whatever lhaa

Setelah makan, aku menuju Bus
Niatnya perjalanan menuju ke pasar klewer - solo
Tapi katanya Bus 1 dan Bus 2 mau ke makamnya pak soeharto
Karena saat itu sudah menunjukkan jam 5 sore, makanya bus 3 menuju ke pasar klewer
Batinku, kenapa pisah lagi sich??? kenapa gak sama lagi perjalanannya???
Hashh, sudahlah.. mau protes juga ke siapa.. aku bukan siapa-siapa. ke jogja saja kami sekeluarga dapet gratisan, dari transport, villa, dan makan!!!
Jadi semua rencana yang disusun panitia gak sesuai target
Ke pasar Klewer juga gak jadi
Dan kita pulang pun sendiri-sendiri
Makan malam juga sendiri-sendiri
Kita sempat berhenti di Pom Bensin Mojokerto untuk istirahat sebentar
Untung disana ada ATM bersama milik BNI, aku langsung kesana untuk cek saldo
Alhamdulillah, Uangku dah balik
Seneng :)
Kemudian kita melanjutkan perjalanan pulang
Sampai di Bangkalan jam 4 pagi
Langsung pulang menuju Kamal

Sempat ada kecewa selama perjalanan!!!
Tapi, ya sudahlah
Aku bersyukur bisa ke jogja lagi
Terutama ke gunung merapi *kesan mendalamku untuk merapi masih tinggi*
Dari jogging di kaki gunung merapi, naik jeep, melihat dari dekat merapi dan sisa erupsi di taun 2010, berada di 4 Km dr puncak merapi, ke museum merapi, dll
Ada senang, sedih, kecewa
Tapi Kebanyakan senengnya sich
Thanks SMAN 4 Bangkalan telah memberikan pengalaman baru dan membuka ingatan tentang masa lalu selama di Jogja :)

Tidak ada komentar:

Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com