Minggu, 24 Juni 2012

Klebun yang meresahkan!!!

baru pertama kali aku melihat hal yang selalu orangtua sembunyikan
yaitu masalah mereka
mereka menutupi itu karena mereka gak ingin anaknya khawatir
gak ingin anaknya ikut campur (mungkin karena masih kecil)

ini hanya satu masalah
tapi menurut aku sangat menyakitkan
aku sebangai anak saja smpe kepikiran
hmm

ini tentang masalah abi
abi baru jadi kepala sekolah sejak 2009
dan sebelum itu abi mengajar di SMPN 1 Kamal
dan yang paling lama menjadi wakil kepala sekolah disana
selain itu pernah mengajar di SMAN 1 Kuala Kapuas pas taon 1990-1992 (aku pernah tinggal dikalimantan lho), trus abi juga pernah ngajar di SMAN 4 Bangkalan (sekarang jadi sekretaris komite), dan AKBID Ngudia Husada Bangkalan (malah tmen SMA ku yg nglanjuti disana pernah di ajar)
abi jadi kepala sekolah di SMPN 3 Kokop
Jauh, liat aja ini
Kokop yg lingkaran merah besar, kamal yang lingkaran merah kecil
dan untuk kesana butuh waktu 2 jam
rute nya harus melewati 7 kecamatan
dari kamal - socah - bangkalan - klampis - sepuluh - tanjungbumi - kokop
kokop itu kecamatan yg tertinggal
pedalaman dan sulit dijangkau
masih bernuansa pedesaan
masyarakatnya banyak yang gak mampu
jalan utama saja hanya muat untuk 1 mobil
dan banyak jurang dimana-mana

SMPN 3 kokop itu SMPN baru yang baru di buat dari 2009
taon pelajaran baru ato mulai ada siswa 2010
jadi sekarang sudah ada 2 angkatan
dan taon ajaran baru besok sudah menjadi 3 angkatan
SMPN 3 Kokop adalah sekolah yang paling sedikit siswa kedua se kabupaten bangkalan
baru dua angkatan ini baru 88 siswa total dari kelas VII dan kelas VIII
dan aku disana belajar menjadi guru
sudah 2 taon aku disna
meski cuma sabtu aja (senin - jumat aku khan kuliah)
yaah, biar pengalaman
dan mempunyai pengalaman ngajar duluan dari tmn2 kuliah lainnya
 meski juga diupah, hehe

aku kasian ma abi, karena abi kesulitan mendapatkan siswa
asal tau aja, pas awal pembukaan SMPN, yang bner2 mendaftar dan mengisi formulir cuma 6 orang
dari situ, abi ke smpe kerumah warga sekitar dan mencari murid lulusan SD
akhirnya dapet 45 siswa (total ma 6 orang yg bner2 daftar)
itu pun mereka habis lulus SD langsung nganggur gak nglanjutin SMPN
ada yg nganggur 1 taon, 2 taon, 3taon, 4 taon, 5 taon, 6 taon, 7 taon, 8 taon dan seterusnya
bahkan ada yang kelahiran 1992
dengan iming-iming memberikan buku tulis dan sepatu gratis
dan lebih suka bersekolah madrasah
lagian klo mao ke SMP (dulu SMPnya ada 2) jarak mau kesana jauh banget klo jalan kaki
ya, itu kerja keras abi untuk mendapatkan siswa pertama
meski akhirnya ada beberapa siswa yang berhenti karena lebih milih kerja didaerah lain, ato karena emang males sekolah, dan banyak masalah..
dan untuk taon ajaran berikutnya
siswanya resmi daftar dan mengisi formulir, ya meski cuma 43
meski gak dapat iming2  buku dan sepatu kya taon kemarin

masalah yang datang itu malah dari klebun (bahasa madura yang artinya kepala desa)
kata orang-orang. klebun desa tempat SMPN 3 kokop dibangun itu emang biang kerok
punya banyak musuh, karena sifatnya yang diktator, suka semena-mena, suka menghasut orang
pokoknya gak enak tuch klebunnya
mana kemana-mana selalu bawa clurit yang diselipin di celana belakang dan ditutupi ma pakaian yang dia pake
selalu menarik warga PBB (pajak bumi dan bangunan) yg lebih dari batas normal
dulu aku samar2 dnger pembicaraan abi yg curhat ke umi
klo klebunnya tu minta uang tanah SMPN ke abi, ato gak tanahnya blum lunas pembayarannya
padahal sekolah itu khan pnya pemerintah
buka pnya dia khan??
hadeeh

dan kemarin, sabtu 23 juni 2012
khan diadain acara pembagian raport yg mengundang wali murid
aku sebagai pembawa acara
acaranya lancar2 aja, smpe di pembagian raport
nah, pas mau penutup dgn doa (microphone nya udah ada di si pembaca doa)
tiba2 klebun datang dgn cara jalan yg sok banget
aku bingung, dan tnya siswa "itu siapa?"
mereka bilang "klebun, bu"
klebun itu ngotot , teriak2 bilang "BSM (beasiswa siswa miskin) itu 350ribu dan beberapa siswa harus dapat uang tunai, jangan mau dibodoh2i ma kepala sekolahnya, 350ribu khan enak bisa beli emaas, ato apa"
abi ku ngjelasindgn tenang dgn pk microphone, dan tau gak
microphonenya di rampas ma klebun
disuruh ngomong tanpa microphone
*beh, emang suara abi saya keras kya loe pak?? teriak dan gak ada wibawa sama sekali, kya gitu jadi klebun, adanya itu SAMPAH MASYARAKAT
semua yg ada didalam ruangan dan diluar pada tegang semua
masalahnya dia itu provokator wali murid untuk menghujad abi
menciptakan nuansa klo abi itu salah
*klebun tau apa?? emang kamu tau pendidikan?? emang kamu tahu manajemen sekolah?? kamu tu taonya cuma uang-uang mulu, haaasssh
aslinya BOS (bantuan operasional sekolah) itu gak bisa diuangkan, memang semua siswa dapat, tapi uang itu digunakan untuk kebutuhan sekolah misalnya untuk memperbaiki ruangan, memenuhi buku paket, membeli peralatan sekolah, membeli bangku, membuat sekolah..
klo BSM itu beasiswa untuk siswa miskin, dan besar dana nya itu 275ribu bukan 350ribu. benar 350ribu, tp jadi 275ribu karena itu dipotong pajak dinas pendidikan. yang boleh ngambil itu anaknya sendiri dikantor pos, ato gak ya diwakilkan oleh seseorang sesusai penerima beasiswa.
klebun itu BODOH ya, udah siswa sekolahnya gratis, masak minta uang?? enak banget ya?? emang siswa kerja apa ???ingat beasiswa itu untuk apa?? pendidikan, bukan pribadi..
klo pun pribadi, tapi pribadi itu untuk sekolahnya, bukan BUAT BELI EMAS, tolol banget tu klebun
haashh
aku kasian ma abi waktu itu, seandainya aku tau akar permasalahannya, mungkin aku bisa bantu
masalahnya yg dihujat terus ma klebun itu abi, dan wali siswa udah termakan bualkan klebun
kasian, aku nangis waktu itu, karena tau abi difitnah, dicap jelek ma orang lain
padahal abi itu orangnya dihormati banyak orang, bijaksana, bertanggungjawab
gak punya musuh (klo pun ada, itu cuma orang iri dan dendam ma abi, contohnya klebun itu)
diperlakukan kya gitu aku bner2 terperanjak
seandainya aku bisa bantu, huhu

aku melihat clurit membekas di kaos belakang klebun
aku takut, klo abi emosi, bisa2 carok dhaa
kata abi, klebun dan anaknya pernah ngeluarin clurit
ke abi dan nantang abi
soale abi gak mau membagi uang BOS (giloo, sumpah gilooo, klebun mata duitan)
masalahnya setiap  SD didesa itu ditariki uang 1 juta yg diambil dari uang BOS
abi selaku kepala sekolah yg sekolahnya ada didesa itu gak mau mengalami hal sama
masalahnya gak ada peraturan dinas dari pendidikan seperti itu
itu yg membuat klebun itu dendam ma abi
udah tau uang bos di SMP itu dikit karena siswanya dikit, khan sekolah baru bangun
masak dipajakin juga, dasar mata duitan!!!
dan masyarakat sekitar itu juga gak suka ma dia karena sifat semena2nya itu dan klo membantah sapi warga bakal diambil (soale khan sapinya makan rumput didesanya)
haassh, pemimpin yg gak baik dicontoh ya klebun ini
untung abi banyak yg support dan dukung
gak hanya dari dinas pendidikan, kepolisian tapi pak camat kokop, LSM, dan masyarakat yg gak suka klebun itu
jadi smpe skarang gak ada apa2
karena abi memang benar
klo pun abi korupsi tentang dana BOS ato BSM ato apalah,, buat apa???
gaji perbulan abi banyak.. mlah lebih, trus ngapain pake korupsi sgala
sorry pak klebun, abi saya itu orang jujur gak kya anda
lagian abi gak pegang duit BOS dan BSM, semuanya dipegang bendahara
semua ada prosedurnya dan aturan
dan seharusnya kepala sekolah itu memanajemen sekolah
bukan untuk pegang duit?? klo pun pgang uang sekolah, pastinya untuk membeli keperluan sekolah
dan aku yakin, apa yang aku punya, apa yang aku makan itu HALAL

aku bner2 gak suka abi diperlakukan seperti itu
kasian
dan aku melihat, sosok abi disana yg tegar dan menahan air mata
smpe' skarang aku kasian ma abi
tapi aku yakin, Allah memberikan masalah kepada umatnya tidak pernah melampui batas kemampuannya
Ya, Allah mudahkanlah urusannya, amien
huhu >.<
meski jujur aku takut, abi mati konyol (carok ato kena santet) karena berselisih dengan klebun itu
dan aku takut klebun mengambil cara apa aja untuk menjatuhkan abi
huhu

klebun.. klebun
apa sifatmu gak bisa diubah??
dan kenapa dulu orang memilihmu menjadi klebun??
kerjaanmu apa sich???
kok meresahkan masyarakat disekitarmu
apa kamu sangat menginginkan materi?? uang??
miskin kah dirimu sampe menarik pajak yg gak ada aturan??
apa kamu gak tahu, semua warga gak suka dgn anda
klo pun suka, itu karena takut apa yg mereka punya diambil olehmu dan terkesan terpaksa
kau pikir pekerjaan mu menyenangkan??
apa kamu gak sadar klo semua orang tidak suka sifat diktator, provokator mu itu
dosa dunia dan akhirat gak akan berakhir untukmu
segera perbaiki dirimu, sebelum ajal menjemputmu

Tidak ada komentar:

Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com